Terlalu Sering Makan Telur Bisa Menyebabkan Diabetes


Telur adalah salah satu bahan makanan yang cukup populer di seluruh dunia. Telur termasuk dalam sembilan bahan pokok kebutuhan harian masyarakat yang bisa dikonsumsi sehari-hari. Meskipun memiliki banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh, telur yang dikonsumsi secara berlebihan ternyata bisa memberikan dampak negatif.
Salah satu resiko kesehatan yang bisa didapatkan jika kita mengkonsumsi telur berlebihan adalah kemungkinan meningkatnya kandungan kolesterol dalam tubuh. Jika kita mengkonsumsi telur setiap hari dan ditambah dengan kebiasaan kita yang jarang bergerak dan menerapkan gaya hidup yang kurang sehat, maka kadar kolesterol dalam tubuh pun akan meningkat dengan signifikan. Kadar kolesterol tinggi pun akan secara signifikan meningkatkan resiko terkena serangan jantung.
Konsumsi telur yang berlebihan juga bisa menyebabkan resiko terkena diabetes meningkat. Kandungan lemak yang ada dalam telur ini ternyata bisa meningkatkan resiko terkena diabetes tipe dua hingga 55 persen bagi pria dan 77 persen bagi wanita apabila dikonsumsi secara berlebihan setiap hari.
Beberapa orang mengaku mereka akhirnya mengalami alergi akibat terlalu sering mengkonsumsi telur. Selain itu, jika kita mengkonsumsi telur secara berlebihan, maka kita pun akan beresiko meningkatkan berat badan mengingat kadar lemak yang sangat tinggi pada setiap butir telurnya. Melihat adanya banyak hal tidak baik ini, kita tentu harus membatasi konsumsi telur setidaknya sekali dalam dua atau tiga hari saja sehingga kita tetap mendapatkan faedah dari telur tanpa takut mendapatkan efek samping yang buruk.
Share on Google Plus

About healthy living

0 comments:

Post a Comment