Limfadenopati Atau Generalized Lymphadenopathy



Limfadenopati secara umum adalah pembesaran yang terjadi pada lebih dari dua kelompok kelenjar getah bening yang tidak berdekatan. Kelenjar getah bening (lymph node atau nodus limfatik) berisi sel darah putih dan memiliki peran penting dalam kemampuan tubuh untuk melawan virus, bakteri dan penyebab penyakit lainnya.

Limfadenopati biasanya bisa dirasakan di bawah dagu, di leher, di ketiak, atau di pangkal paha. Kondisi ini biasanya tidak digolongkan sebagai masalah medis serius. Akan tetapi limfadenopati bisa jadi merupakan tanda awal dari penyakit serius.

Limfadenopati juga bisa memunculkan gejala yang berbeda-beda, tergantung dari penyebab pembesaran kelenjar. Beberapa gejala lain tersebut adalah:

- Hidung berlendir, demam, radang tenggorokan, dan gejala lain yang menandakan terjadinya infeksi saluran pernapasan atas.

- Pembengkakan menyeluruh pada kelenjar getah bening di sekujur tubuh, yang bisa menandakan infeksi atau gangguan sistem kekebalan tubuh.

- Pembengkakan tungkai

- Pertumbuhan kelenjar yang cepat, tidak bisa bergeser, dan keras. Hal ini bisa menandakan adanya tumor.

- Demam

- Berkeringat pada malam hari

Limfadenopati bisa disebabkan oleh bermacam-macam kondisi. Namun, mayoritas kasus limfadenopati diakibatkan adanya infeksi virus seperti pada kasus common cold (rinofaringitis atau pilek). Berikut beberapa hal atau kondisi yang menyebabkan munculnya limfadenopati:

1.Protozoa. Toksoplasmosis, leishmaniasis, penyakit Chagas, penyakit tidur.

2.Virus. Infeksi saluran pernapasan atas, mononukleosis menular, cytomegalovirus, rubella, varicella, campak, HIV, Hepatitis A dan B, Roseola infantum, demam berdarah, adenovirus.

3.Jamur. Contohnya coccidioidomycosis

4.Bakteri. Septikemia, demam tifoid, TB, sifilis, pes, penyakit lyme, tularemia, brucellosis.

5.Gangguan sistem kekebalan tubuh dan hipersensitivitas. Misalnya lupus eritematosus sistemik dan reaksi terhadap obat.

6.Gangguan neoplastik dan proliferasi. Leukimia akut, limfoma, neuroblastoma, histiositosis.

7. Gangguan metabolisme. Contohnya penyakit Gaucher dan penyakit Niemann-Pick.
Share on Google Plus

About healthy living

0 comments:

Post a Comment