Khasiat Daun Sukun bagi Penderita Diabetes


Pohon sukun merupakan salah satu jenis pohon yang banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia karena tanaman ini merupakan tanaman yang hidup pada wilayah dengan musim tropis. Sebagian besar masyarakat Indonesia hanya memanfaatkan pohon sukun dengan mengkonsumsi buahnya saja. Sedangkan daun sukun hanya ditunggu rontok kemudian dibakar apabila daun tersebut sudah mengering. Padahal daun sukun ini memiliki manfaat yang sangat besar sebagai salah satu obat tradisOnal diabetes apabila diolah dengan benar. Kandungan yang terdapat dalam daun sukun dapat memberikan khasiat yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita.

Beberapa kandungan daun suku yakni karbohidrat, protein, lemak, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi serta asam amino esensial yang tidak diproduksi oleh tubuh manusia. Selain itu dalam daun sukun juga terdapat kandungan lain seperti hidrosianat, asetilcolin, tannin serta riboflavin yang dapat membantu tubuh untuk melawan beberapa sumber penyakit yang berbahaya. Dari banyaknya kandungan tersebut kita dapat mengolah daun sukun sebagai salah satu alternatif pengobabatan tradisional salah satunya untuk penyakit diabetes.

Cara mengolah daun sukun untuk diabates :
  • - Sediakan 3 lembar daun sukun yang sudah berwarna hijau tua. Lebih utama lagi apabila dipetik langsung dari pohonnya.

  • - Rajang daun sukun tersebut jangan terlalu kecil dan jangan terlalu besar.

  • - Jemur daun sukun yang sudah di rajang di bawah sinar matahari langsung.

  • - Rebus daun sukun yang sudah kering dalam wadah yang berisi dua liter air.

  • - Rebuslah hingga air yang terdapat dalam wadah hanya tersisa separuhnya atau kira-kira satu liter.

  • - Tambahkan air kurang lebih sebanyak satu liter, dan lanjutkan perebusan hingga air hanya tersisa setengahnya saja.

  • - Tunggulah hingga air rebusan daun sukun yang sudah kering ini mulai dingin.

  • - Minum secara teratur setiap hari agar berkhasiat untuk mengobata penyakit diabetes.
Share on Google Plus

About healthy living

0 comments:

Post a Comment