Aturan Jogging yang Harus Di Perhatikan


Meskipun jogging merupakan jenis olahraga simple dan murah, ia juga memiliki aturan. Aturan tersebut sangat penting untuk diperhatiakan agar kegiatan jogging dapat dirasakan manfaatnya. Salah satu aturan tersebut adalah melakukan persiapan. Ini merupakan tahap yang sangat penting dalam rangka menyukseskan olahraga ini. Beberapa persiapan yang perlu diperhatikan adalah:

1. Istirahat yang cukup sebelum jogging
Hindari jogging saat badan dalam kondisi sedang lelah. Jika anda berencana melakukan jogging di suatu pagi, maka anda harus beristirahat cukup sebelumnya. Tahap persiapan ini sangat penting agar kadar oksingen di dalam darah mencapai angka yang cukup sehingga anda tidak akan merasa lemas atau pusing saat jogging.

2. Kostum
Pemilihan kostum yang dikenakan saat jogging sangat berpengaruh dalam efektivitas serta kenyamana. Saat udara panas, kenakanlah celana training berbahan parasut atau kaus.

3. Alas kaki yang tepat
Pastkan alah kaki yang digunakan adalah sepatu dan kaus kaki atletik. Intinya gunakan sepatu lari yang cocok, pas, dan nyaman untuk anda.

4. Atur track jogging
Rute dan kondisi track jogging sangat penting untuk diperhatikan agar terhindar dari cedera akibat tersandung dan lain-lainnya. Hindari jogging pada tanjakan curam, permukaan berbatu atau yang memilki banyak hambatan.

5. Pemanasan
Sebelum mulai jogging, lakukan pemanasan dengan santai.

Jogging adalah olahraga simple, murah dan fleksibel. Selama dilaksanakan dengan baik dan benar, hasil yang dicapai akan terlaksana. Jika kita sibuk dan tak punya bnyak waktu untuk melakukanbya khusus diluar rumah, maka lakukanlah dirumah saja. Berlari kecil dihalaman rumah atau naik turun tangga dapat juga menjadi alternative yang efektif. Kegiatan sehari-hari dengan segala kerumitannya akan terasa lebih ringan dikerjakan apabila badan kita fit dan sehat. Oleh karena itu, mulailah kebiasaan baik ini dari sekarang, dari hal kecil untuk mendapatkan manfaat yang besar.

Share on Google Plus

About healthy living

0 comments:

Post a Comment