Jogging Olahraga Penghilang Stres


Jogging adalah suatu bentuk latihan kardio popular serta murah dan mudah sehingga dapat dilakukan oleh siapa pun dank pan pun. Dengan melakukan jogging tubh dipaksa untuk bekerja keras demi menjaga metabolisme tubuh. Jogging bermanfaat untuk menguatkan jantung, memperlancar peredaran darah juga pernapasan. Jogging juga dapat memperlancar sistem pencernaan, meningkatkan kapasitas bekerja, mengatasi kegemukan, mengencangkan otot kaki, paha, dan punggung, serta membuat tidur lebih nyenyak. 

Namun manfaat yang paling diminati oleh masyarakat adalah menurnkan berat badan. Manfaat lain yang diperoleh dari olahraga sederhana ini adalah menyegarkan psikis. Para penelitian mnunjukkan, berolahraga di luar ruangan walaupun dilakukan  dengan hanya satu kali sehari dalam seminggu mampu meningkatkan rasa bahagia. Jogging minimal 15 menit sudah cukup untuk meningkatkan mood. Saat merasa sedih, penat dengan pekerjaan, atau memiliki masalah, cobalah untuk melakukan jogging jika kitab merasa lelah atau tidak enak badan.

Melakukan jogging di pagi hari memberikan efektivitas kebih dibandingkan jogging di siang atau malam hari. Banyak orang mengatakan bahwa jogging sama dengan lari santai. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa jogging berbeda jauh dengan lari. Perbedaan tersebut cenderung kepada perbedaan  kecepatan antara waktu dan jarak tempuh. 

Seorang ahli dalam bidang jogging, Dr. George Sheehan, dalam bukunya mendefinisikan bahwa jogging adalah aktivitas berlari dengan kecepatan dibawah 6 mil/jam atau sama dengan 9,7 km/jam. itu sama saja dengan berlari sejauh 1 km yang ditempuh dalam waktu 6,2 menit. Dengan demikian kecepatan berlari di atas 9,7 km/jam disebut running. Pada lomba lari 100 meter, para pelari nasional dan internasioanal biasanya melakukan aktifitas berlari dengan kecepatan 36 km/jam. Sementara pada lomba lari 10 km dan marathon, para peserta biasanya berlari dengan kecepatan rata-rata 20 km/jam atau menempuh setiap kilometernya dalam waktu 3 menit.

Jogging sangat disarankan selalu menyiapkan air putih untuk menjaga agar tubuh tidak dehidrasi, dan setelah jogging kita harus sarapan untuk menggantikan kalori yang terbakar sehingga kita akan tetap berenergi dan siap untuk beraktifitas.

Share on Google Plus

About healthy living

0 comments:

Post a Comment