Mengapa Rasulullah Menyuruh Untuk Mengajari Anak-Anak Berenang, Memanah dan Menunggang kuda?



Dari perintah Rasulullah pasti banyak mengandung hikmah-hikmah yang sangat bermanfaat bagi diri kita, diantaranya adalah anjuran mengajari anak-anak untuk berenang, berkuda, dan memanah. Dalam sebuah hadist ada tiga olahraga yang disebutkan oleh Rasulullah SAW dalam sebuah hadist berikut ini :

“Ajarilah anak-anakmu berenang, memanah, dan menunggang kuda.” (H.R Bukhari dan Muslim)

Kalau ditnjau dalam dunia medis olahraga tersebut sangatlah bermanfaat untuk kesehatan kita, yang mana berenang dapat melatih napas yang pada akhirnya dapat memperkuat organ paru-paru. Memanah dapat melatih fokus dan ketahanan mental fisik. Berkuda berfungsi untuk memperkuat ruas-ruas tulang belakang yang bermula dari hentakan pada tulanh panggul.

Manfaat Menunggang Kuda :

  1. Meningkatkan kekuatan otot
  2. Meningkatkan akselerasi reflek tubuh
  3. Mencegah kram otot
  4. Meningkatkan pergerakan tulang sendi
  5. Meningkatkan sistem kardiovaskular
  6. Meningkatkan sirkulasi dara
  7. Menstimulasi integrasi sensor
  8. Meningkatkan penglihatan sehingga meluas
  9. Meningkatkan tanggung jawab, kesabaran, kedisiplinan dan rasa percaya diri


Manfaat Berenang :
  • Seluruh ototmu akan menjadi kuat. Banyak orang lebih memilih lari dari pada berenang untuk membakar lemak. Tapi, ketika kamu berlari, otot kaki, paha dan pantat saja yang akan terbentuk. Sementara renang melatih seluruh otot tubuhmu. Renang adalah salah satu olahraga yang menggerakkan dan melatih hampir seluruh anggota tubuhmu. Ketika kamu berenang, kaki dan tanganmu jelas terlatih. Otot paru-paru pun juga ikut terlatih. Ketika kamu melakukan gaya bebas, punggungmu akan tertarik dan otot perutumu juga ikut kencang. 
  • Membantu tubuhmu untuk tetap lentur. Gerakan-gerekan renang sebenarnya banyak yang mirip dengan stretching. Bukan hanya itu, ketika kamu berenang, secara tidak langsung kamu juga memutar, meregangkan, dan menarih tubuhmu agar bisa berenang maju. Tanpa kekuatan dari tarikan tangan dan tendangan kaki di dalam air, tubuhmu tidak akan bergerak dalam air. Makanya, semua gerakan ini ternyata juga bisa membuat tubuhmu menjadi lebih fleksibel dan lentur. 
  • Mengurangi peradangan. Menurut sebuah penelitian, seperti yang dilansir dari Lifehack.org, renang ternyata juga bisa mengurangi peradangan yang bisa menimbulkan atherosclerosis atau penyakit arteri yang ditandai dengan pengendapan lemak pada dinding arteri, di dalam jantung. Dengan mengurangi peradangan ini, perkembangan penyakit pada daerah lain juga bisa teratasi.
  • Berenang juga bisa bikin kamu langsing. Semua orang tahu tentang ini. Tapi tidak banyak yang tahu kalau renang adalah olahraga yang paling efisien untuk membakar lemak, bahkan membakar kalori lebih cepat dari lompat tali dan lari di treadmill. Memang, intensitas pembakaran lemak tergantung dengan gaya yang kamu pilih. Gaya dada yang dilakukan selama 10 menit bisa membakar 60 kalori. Gaya punggung yang dilakukan dalam durasi yang sama bisa membakar lemak hingga 80 kalori. Kalau kamu ingin cepat langsing, lakukan gaya kupu-kupu selama 10 menit. Karena akan bisa membakar 150 kalori! Bandingkan dengan berlari selama 10 menit yang hanya sanggup membakar 100 kalori. 
  • Bisa mengurangi asma. Ketika kamu berenang, kamu diharuskan mengatur napas. Gerakan renang pun menguatkan otot yang ada di sekitar jantung dan paru-paru. Karenanya, menurut sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2009, anak-anak yang berenang selama enam minggu, gejala asmanya berkurang. Selain itu mereka juga tidak lagi mendengkur. 
  • Banyak tekanan dan stres? Berenanglah! Seperti yang dilansir dari Lifehack.org, berenang juga bisa menghasilkan hormon endorfin yang bisa membuatmu bahagia. Dalam artikel yang sama, mereka menyebutkan kadar kebahagiaan dan ketenangannya pun sama dengan ketika kamu melakukan yoga. Terlebih lagi, penelitian yang dilakukan lima tahun lalu menunjukkan bahwa berenang juga bisa mengurangi stres, dengan cara membalikkan kerusakan otak melalui sebuah proses yang dinamakan hippocampal neurogenesis.
  • Berenang ternyata juga bisa bikin kamu cerdas. Sebuah penelitian di Australia menunjukkan bahwa anak-anak yang berenang secara rutin mampu menguasai perkembangan bahasa, memiliki motorik yang bagus, lebih percaya diri, dan pertumbuhannya lebih cepat dibandingkan dengan anak-anak yang tidak berenang. 

Manfaat Memanah :

1. Manfaat olahraga memanah untuk kesehatan fisik adalah:
  • menjaga fleksibilitas otot di jari tangan, lengan, hingga pundak.
  • melatih keawasan atau ketajaman pandangan mata. 
  • melancarkan peredaran darah dalam tubuh.
2, Manfaat memanah untuk kesehatan psikis di antaranya:

  • Melatih Konsentrasi. Mengarahkan anak panah ke sasaran adalah cara anda melatih konsentrasi dalam diri. Anda harus bisa menguasai diri Anda dan membidik dengan tepat agar lemparan panah tidak meleset. Jika Anda sudah mahir melatih konsentrasi dalam diri maka manfaat ini akan berimbas untuk kehidupan Anda sehari-hari, misal konsentrasi dalam mengambil keputusan atau mengerjakan pekerjaan kantor hingga memperoleh hasil maksimal.
  • Menjaga Kesabaran. Ini penting, saat Anda melakukan olahraga memanah, kesabaran Anda akan teruji lewat melemparkan anak panah berulang-ulang hingga mencapai sasaran yang tepat. Apalagi bagi pemula, olahraga ini memerlukan kesabaran ekstra hingga Anda terbiasa dan menjadi mahir. Kalau sudah demikian, bukan hanya mahir dalam urusan memanah, dalam kehidupan sehari-hari pun tentu Anda akan menjadi pribadi yang lebih wise dan sabar dalam menghadapi beragam masalah kehidupan.
  • Positive Thinking & Percaya Diri. Berpikir positif secara tidak langsung akan terterap dalam diri Anda jika Anda seorang pemanah, karena memanah memerlukan rasa percaya diri tinggi dalam diri untuk dapat menaklukan sasaran anak panah. Dengan demikian Anda terlatih untuk menjadi pribadi kuat yang tidak mudah menyerah.
Mungkin dengan anda mengetahui banyak manfaat dari olahraga diatas, akan memotivasi anda untuk lihai dalam olahraga tersebut.

Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

About healthy living

0 comments:

Post a Comment