Manfaat Semangka Untuk Ibu Hamil Muda dan Tua







Semangka merupakan jenis buah berair yang jenis daging buahnya bewarna merah. Buah ini sangat cocok di konsumsi di saat udara terasa sangat panas atau di siang hari yang cukup terik. Ini dikarenakan, hampir 90 persen kandungan semangka terdiri atas air. Buah ini mudah di dapatkan di pasar tradisional maupun di pasar yang lebih modern. Namun, di samping penganti penghilang dahaga, banyak sekali manfaat buah semangka bagi kesehatan tubuh anda. semangka masih satu kerabat dengan buah labu (cucurbitaceae), ketimun (cucumis sativus) serta melon (cucumis melo). Mungkin Manfaat dari semangka sering luput dari pengetahuan kita, terutama ibu-ibu yang hamil muda ataupun tua, Banyak manfaat yang didapatkan jika mengkonsumsi semangka bagi ibu hamil. Berikut akn dijelaskan beberapa manfaat dari semangka untuk ibu hamil ;

1. Mengurangi Pembengkakan Pada Ibu Hamil

Selama masa kehamilan maka sengat sering terjadi gangguan kehamilan umum seperti pembengkakan ringan yang terjadi pada tangan dan kaki, kondisi biasa disebut edema. Kandungan air yang terdapat dalam semangka menjadikan buah ini mampu mengurangi penyumbatan yang terjadi pada pembuluh darah dan otot, sehingga mampu mencegah edema yang terjadi.

2. Mencegah Dehidrasi

Tahukah anda bahwa dehidrasi yang terjadi pada ibu hamil dapat berakibat sangat fatal? Salah satu akibatnya adalah kontraksi prematur atau mampu menyebabkan kelahiran prematur. Semangka mengandung 90% air, sehingga manfaat semangka untuk ibu hamil dapat mencegah dehidrasi yang terjadi pada ibu hamil.

3. Mengurangi Kram Otot :

Selama hamil, tubuh wanita akan melalui berbagai macam perubahan. Tambahan Berat badan dan hormon biasa menyebabkan otot-otot dan tulang terasa sakit. Mengkonsumsi buah semangka dalam akan membantu tubuh untuk mengatasi perubahan-perubahan ini, juga akan membantu  meringankan kram otot.

4 . Mencegah Pigmentasi :

Banyak ibu hamil menderita pigmentasi kulit. Masalah yang menjengkelkan ini bisa menjadi bagian yang kura ng menyenangkan dari kehamilan. Semangka akan menjaga gerakan usus halus dan kemudahan pencernaan makanan. Hal ini pada akhirnya akan mempengaruhi tekstur kulit untuk selamanya. Pigmentasi pada kulit di seluruh bagian tubuh bisa diminimalkan dengan melakukan pembersihan tubuh secara rutin. Jadi makan buah yang menyegarkan ini juga akan membantu kulit Anda tetap terlihat halus selama hamil.

5 . Meringankan masalah pencernaan :

Semangka sangat menyejukkan bagi perut dan saluran makanan. Wanita hamil yang menderita berbagai masalah pencernaan, seperti asam lambung dan nyeri ulu hati, akan banyak terbantu dengan makan buah semangka.

6 . Meredakan Morning Sickness :

Semangka yang dikonsumsi pada pagi hari akan memberikan kesegaran, menenangkan dan memberikan semangat untuk mengawali hari. Buah ini juga mengandung sifat gizi dan energi yang dapat mencegah terjadinya morning sickness. Adalah ide yang baik bagi wanita hamil untuk memulai hari dengan segelas segar jus semangka.

7. Mendukung Pembentukan Tulang Janin

Buah semangka diperkaya juga dengan kalium, di mana kalium itu sendiri berfungsi untuk mempertahankan kalsium dalam tubuh. Hal ini akan menjadikannya sangat bermanfaat dalam proses pembentukan tulang janin dan menguatkan persendian pada tubuh ibu menjadi lebih sehat dan lebih kuat. Kandungan kalium yang kaya ini juga terdapat pada manfaat mangga untuk ibu hamil.

8. Kaya Antioksidan dari Vitamin A

Vitamin A yang terkandung manfaat semangka untuk ibu hamil, menjadikan buah ini bermanfaat dalam menjaga organ penglihatan pada janin. Selain itu, senyawa karotenoid vitamin A ini bermanfaat sebagai antioksidan yang lindungi tubuh dari radikal bebas. Senyawa ini mampu menetralisir radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

9. Melancarkan Urine

semangka juga memiliki manfaat untuk membantu meningkatkan atau memperlancar aliran urine dalam tubuh, terutama selama kehamilan. Hal ini tentu sangat berpengaruh baik terhadap kesehatan organ ginjal bagi yang mengkonsumsinya.

10. Menjaga Sistem Imunitas

Vitamin C yang terkandung dalam buah semangka menjadikan buah semangka ini mampu membantu meningkatkan sistem imun tubuh ibu hamil.  Hal ini tentu sangat baik untuk membuat tubuh tidak mudah sakit di saat kita berada pada cuaca yang ekstrim atau saat perubahan cuaca yang tidak menentu. 



Share on Google Plus

About healthy living

0 comments:

Post a Comment