Shalat Subuh Bagi Kesehatan Jasmani


Shalat Subuh merupakan ibadah wajib di waktu Fajar. Kegiatan ini ternyata tidak hanya mendatangkan manfaat secara rohani, tapi memiliki manfaat kesehatan pula. Diantanya ialah: 

Menormalkan Kinerja Saraf Pusat

Shalat dalam artian yang sempurna dan dikerjakan dengan kusyu’, menurut penelitian medis sangat bermanfaat bagi kesehatan jasmani. Ketika seseorang melaksanakan shalatnya dengan seksama dan kusyu’, ini akan membawa pengaruh yang sangat besar pada saraf pusat. Saraf pusat dalam kondisi semacam itu, ia akan mempreroleh istirahatnya secara penuh. Dan dengan istirahat yang penuh, saraf pusat akan kembali normal dan bekerja dengan bagus dalam mengatur organ dan sel-sel jaringan tubuh. Sehingga susunan kerja di dalam tubuh menjadi serasi dan sesuai dengan kinerja sistem yang telah tersusun di dalam saraf.

Bila berpedoman pada pernyataan di atas, dan mengkaitkan dengan aktivitas shalat subuh. Maka shalat subuh yang yang dilakukan dengan kusyu’, merupakan olahraga saraf yang sangat bagus bagi kesehatan. Setiap pagi dengan bantuan shalat yang kusyu’, saraf kita akan bekerja sempurna sesuai dengan sistemnya. Shalat subuh secara tidak lansung telah menormalkan kembali fungsi saraf. Dan jika saraf kita setiap hari bekerja dengan bagus dan normal sesuai dengan sistem didalamnya, maka aktivitas kita dalam mengarungi hari juga dapat berjalan dengan bagus dan sempurna.

Menjaga Keseimbangan Hormon Dalam Tubuh


Makhluk hidup pada hakikatnya tidak bisa lepas dari namanya biokimia tubuh dan kelenjar hormon. Sedangkan hormon itu sendiri, memiliki pengaruh besar terhadap perilaku seseorang. Ada beberapa kelenjar-kelenjar hormon yang sangat vital berkaitan dengan perilaku manusia. Seperti Noradrenalin, Adrenalin, Vasopressin, Estrogen, Testoteron, Oksitosin, Tiroid, Insulin, dan yang lainnya. Hormon-hormon ini sangat berpengaruh besar pada emosi seseorang, juga pada perilaku-perilaku lain seperti agresif atau perilaku birahi.


Diantara beberapa hormon yang disebut diatas, salah satunya dalah hormon yang memunculkan rasa emosi yakni hormon Tiroid. Kalau dikaitkan dengan aktifitas seperti shalat subuh dan fungsinya sebagai penyeimbang hormon. Maka sangat beralasan jika para ulama berpendapat bahwa seseorang yang bangun siang (setelah matahari terbit dan terang), akan mengalami kegelisahan dan kepenatan hati. Kerena menurut Prof. HM. Hembing Wijayakusuma beliau mengatakan jika hormon Tiroid ini tidak seimbang karena terlampau aktif, maka akan menimbulkan perilaku yang tidak wajar. Seperti mudah emosi, tergesa-gesa, atau tidak sabaran. Istilah macam ini dikenal dalam dunia kesehatan dengan nama Hipertiroid.

Hilangnya keseimbangan hormon dan biokimia tubuh dapat mengganggu proses kelancaran metabolisme zat dalam tubuh manusia. Dan apada saat semacam ini, seseorang sangat mudah terkena berbagai penyakit seperti liver, jantung, sesak nafas, lumpuh, cemas, depresi, tekanan darah tinggi, diabetes atau kanker.

Melapangkan rezki
Sholat Subuh juga memiliki manfaat yang mengejutkan yakni berpotensi membawa kita menuju kesuksesan dalam hidup, sebab saat pagi hari sampai datangnya fajar adalah waktu dimana pintu-pintu rezeki dibuka lebar oleh Allah SWT.


Manfaat Sholat Subuh Untuk Rohani

1. Sholat Subuh mempunyai banyak keutamaan, di antaranya
2. Menyelamatkan dari azab
3. Mendapat pahala setara pahala orang yang melaksanakan haji dan umrah
4. Terbebas dari api neraka
5. Terhindar dari kemunafikan
6. Serta mendapat perlindungan dari Allah SWT.
Rasulullah SAW bersabda:
“ Berpagi-pagilah kalian dalam menunaikan Shalat Subuh karena itulah pahala yang paling mulia. ” (HR. Turmudzi).

Kadang terasa setelah melaksanakan sholat subuh yang memang terkadang kita merasa masih ngantuk dan ingin melanjutkan tidur sejenak, maka usahakanlah sebisa mungkin menahan diri untuk melanjutkan tidur, sebaliknya sangat dianjurkan untuk melanjutkan kegiatan sholat tersebut seperti dengan berdzikir atau berdo'a.

Note :
Menilai shalat dari kacamata medis adalah sekedar penguat, bahwa perintah yang telah diwajibkan oleh Allah SWT kepada hamba-hambaNya adalah bukan merupakan hal yang sia-sia belaka. Adalah perintah yang pada hakikatnya membawa keuntungan kepada dirikita sendiri.
Share on Google Plus

About healthy living

0 comments:

Post a Comment