Tips Sehat Menjaga Kehamilan Muda



Ketika anda hamil, pasti anda akan sangat menjaga kesehatan anda dan kandungan anda. namun kadang-kadang timbul kekhawatiran akan kondisi janin dan ketika bersalin. Untulk itu sebagai orang yang akan menjadi Ibu dari bayi pertama, sebaiknya Anda harus tetap mejaga kehamilan agar tetap sehat dan tidak terjadi yang tidak Anda harapkan. Dengan menjaga kehamilan sejak dini, bayi yang ada di dalam kandungan bisa lahir sesuai yang Anda harapkan. lalu bagaimana menjaga kehamilan muda agar bayi di dalam kandungan tetap sehat? Berikut adalah tips menjaga kehamilan muda yang sehat untuk para calon ibu yang menginginkan bayi yang sehat dan cerdas.

1. Menghindari aktifitas berat
Pada awal kehamilan atau hamil muda pada umumnya wanita atau sang ibu akan merasakan mudah lelah dan sebagian orang ada yang sampai pingsan karena kekurangan darah atau anemia. Oleh sebab itu jangan sampai memaksakan diri untuk bekerja terlalu berat di usia kehamilan muda. Dan jangan terlalu lama berdiri dan jangan pula terlalu lama duduk, sebaiknya istirahat dengan cukup akan tetapi jangan pula berdiam diri terlalu lama karena hal tersebut malah dapat menyebabkan badan semakin tidak enak.

2. Hindarilah zat-zat yang membahayakan janin
Cara menjaga kehamilan muda yang paling tepat adalah dengan menghindari beberapa macam makanan, obat-obatan tertentu, alcohol, kafein, serta yang sejenisnya agar terhindar dari masalah kehamilan yang membahayakan ibu dan juga janin. Mengkonsumsi rokok dan alcohol semasa masa kehamilan, maka dapat mengganggu perkembangan janin dalam kandungan. Seperti kelahiran premature serta gangguan lainnya terhadap janin. Begitu pula dengan kafein, harus dihindari oleh ibu hamil muda karena dapat menyebabkan terkenanya anemia.

3. Menjaga asupan nutrisi
Kebanyakan para ibu yang sedang hamil muda selalu menjaga asupan makanan yang memiliki banyak nutrisi dan vitamin agar kandunganya selalu sehat. Memang sudah menjadi bawaan seorang ibu yang sedang hamil muda, pastinya akan mengalami rasa mual dan tidak nafsu makan. Akan tetapi untuk kesehatan dan perkembangan janin ibu harus lebih memperbanyak makan walaupun sedang tidak memiliki nafsu makan. Hal ini dikarenakan bayi yang ada di dalam kandungan membutuhkan banyak nutrisi untuk tumbuh kembangnya. Jadi apabila anda tidak makan, akan menyebabkan janin tidak seha

4. Batasi aktifitas
Jangan terlalu banyak melakukan kegiatan aktifitas yang berat karena akan membuat tubuh cepat lelah dan kesehatan janin didalam perut menjadi terganggu. Sebaiknya anda lebih banyak beristirahat dibanding bekerja berat yang dapat mengancam janin anda.

5. Olahraga
Olahraga juga merupakan aktifitas yang baik untuk menjaga kehamilan muda. Lakukan olahraga ringan seperti senam hamil. selain senam hamil, anda juga dapat berjalan-jalan untuk melemaskan otot pada tubuh.

6. Penuhi nutrisi
Karena sedang dalam tahap perkembangan, nutrisi yang seimbang adalahh hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Nutrisi yang dimaksud-pun sangat beragam, yakni karbohidrat, protein, kalsium, mineral, vitamin, serta asam folat. Kandungan-kandungan tersebut sangat baik bagi kesehatan ibu serta janin didalam perut. Nutrisi tersebut banyak dimiliki oleh buah-buahan, sayur mayur, ikan, kacang hijau, dan lainn sebagainya.

7. Minum susu ibu hamil
Untuk melengkapi nutrisi yang anda dapatkan dari makanan, susu ibu hamil sangat penting juga untuk selalu dikonsumsi. Susu ibu hamil mengandung berbagai jenis nutrisi yang sangat baik untuk pertumbuhan janin.

Untuk menjaga kehamilan muda sebaiknya juga dengan menghindari aktivitas berhubungan intim terlalu seirng, walaupun itu sah-sah saja untuk dilakukan. Akan tetapi dengan hal tersebut dapat menyebabkan keguguran apabila dilakukan tidak sesuai dengan kondisi dan keinginan wanita.

Untuk penaganan yang lebih intensif sebaiknya Anda juga berkonsultasi dengan Dokter. Demikian ulasan tentang kiat menjaga kehamilan muda yang sehat. Semoga kehamilan ibu muda bisa sehat hingga proses persalinan.
Share on Google Plus

About healthy living

0 comments:

Post a Comment