Buang Air Besar yang Tidak Efektif


Banyak orang yang buang air besar dengan cara duduk. Padahal, posisi jongkok jauh lebih efektif. Proses pengeluaran tinja akan jauh lebih cepat karena tekanan dalam perut jauh lebih besar dibandingkan dengan posisi duduk.

Berikut beberapa alasan yang menunjukkan penggunaan toilet jongkok lebih baik terutama ketika BAB:


  1. BAB menggunakan toilet jongkok membuat proses pembuangan kotoran lebih mudah karena saat berjongkok adanya tekanan yang muncul secara alami sehingga dapat memperlancar proses BAB.
  2. Melindungi saraf panggul agar aktivitas seksual tidak terganggu serta membantu mengontrol kantung kemih.
  3. Mencegah penyakit kanker usus besar karena tertinggalnya kotoran di dalam tubuh. Toilet duduk tidak memaksimalkan pembuangan kotoran saat BAB karena tidak adanya tekanan.
  4. Menghindari masuknya kembali kotoran ke dalam tubuh yang dapat merusak usus kecil.
  5. Menjaga saraf prostat, saluran prostat, dan uterus agar tidak rusak.
  6. Khusus ibu hamil, penggunaan toilet duduk dapat menimbulkan tekanan pada rahim yang berpengaruh pada gerakan bayi di dalam perut.
  7. Kebersihan terjaga karena bagian bawah tubuh kita (pantat) tidak perlu atau tidak sampai bersentuhan langsung dengan permukaan toilet. Permukaan toilet duduk yang tercemar kuman dapat menularkan berbagai penyakit diantara pemakainya. Disarankan jika kita menggunakan toilet duduk umum agar diseka dulu dengan tissu yang mengandung desinfektan atau disiram dulu dengan air sampai benar-benar bersih.
  8. BAB jongkok dapat menghindarkan pelakunya dari penyakit wasir atau ambeien karena beberapa penelitian membuktikan bahwa BAB dengan toilet duduk bisa memicu wasir atau ambeien.

Jika dalam Islam, buang air besar dengan jongkok adalah sesuai sunnah Nabi Muhammd SAW atau dengan kata lain cara BAB dengan jongkok inilah yang telah diajarkan Nabi sehingga jika seorang muslim melakukan aktifitas buang air besar dengan jongkok berarti sudah mengikuti sunnah seperti juga jika seseorang buang air kecil sambil jongkok. Meskipun perlu dicatat bahwa  memang tidak ada larangan buang air besar dengan toilet duduk atau sambil duduk.

Dan juga jangan lupa perbanyak serat yang bersal dari buah-buahan dan minyak, seperti zaitun, minyak pala, minyak wijen, dan beberapa minyak esensial lainnya sehingga kita tidak perlu berlama-lama dikamar mandi. Karena kamar mandi itu sarangnya setan.
Wallahu A’lam
Share on Google Plus

About healthy living

0 comments:

Post a Comment