Shalat Tahajud Bagi Kesehatan Jasmani



Dari Bilal r.a berkata, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda:

Hedaklah kalian bangun malam. Sebab hal itu merupakan kebiasaan orang-orang saleh sebelum kalian. Wahana pendekatan diri kepada Allah SWT, penghapus dosa, dan pengusir penyakit dari dalam tubuh.”.(H.R. at-Timidzi).

Shalat tahajud banyak memiliki pengaruh positif bagi kesehatan jasmani. Ada banyak pernyataan medis yang mengupas keutamaan shalat malam bagi kesehatan manusia, diantaranya yaitu:

1.Dr. Abdul Hamid Diyab dan Dr. Ahmad Qurquz mengatakan, bahwa shalat malam dapat meningkatkan ketahanan imunitas tubuh terhadap berbagai penyakit yang menyerang jantung, otak dan organ-organ tubuh yang lain. Karena orang yang bangun malam dapat menghentikan kebiasaan tidur dan ketenangan yang terlalu lama dapat menyebabkan punyumbatan pembuluh darah.

2.Bangun malam dapat menjadikan tubuh bugar dan bersemangat, serta terhindar dari penyakit-penyakit punggung pada usia tua. Dalam salah satu penelitian medis terbukti bahwa orang-orang tua yang terbiasa shalat malam pada bulan ramadhan relatif lebih aman dari serangan penyakit pada tulang punggung daripada orang tua yang tidak shalat malam.

3.Shalat tahajud memiliki kandungan aspek meditasi dan relaksasi yang cukup besar, dan memiliki kandungan yang dapat digunakan sebagai stategi penanggulanagan adaptif pereda stres. Sebagaimana juga dijelaskan oleh Dr. Moh. Soleh bahwa stres punya pengaruh yang besar terhadap ketahanan tubuh seseorang.

4.Dalam bidang bio-teknoligi, shalat tahajud dapat dimanfaatkan utnuk meningkatkan respon ketahanan tubuh dan menghilangkan rasa nyeri pasien yang terkena penyakit kanker. Dalam bidang ini pula shalat tahajud dapat meningkatkan respon emosional positif yang efektif dalam menegakkan anastesis pra-belah

Beberapa pernyataan medis mengenai keutamaan shalat malam merupakan bukti bahwasanya syariat islam tidak menyalahi kaidah-kaidah kesehatan
Share on Google Plus

About healthy living

0 comments:

Post a Comment