Manfaat Terong untuk Kesehatan


Terong kaya manfaat bagi kesehatan. Buah ini mengandung serat, potassium, vitamin C, vitamin B-6 dan fitonutrisi. Sebuah penelitian yang dilakukan bahwa kelinci dengan kolestrol tinggi mengalami penurunan kadar kolestrol darahnya setelah mengkonsumsi terong. Dr GHA Mitschek, seorang ilmuwan dari Universitas Graz menemukan bahwa terong dapat menghambat atau membatasi asupan kolestrol dalam saluran cerna, bahkan mampu mengangkat kolestrol yang terdapat dalam aliran darah.

Asam klorogenik juga ditemukan dalam terong, asam klorogenik merupakan salah satu penangkal radikal bebas. Asam klorogenik juga dapat menurunkan kadar LDL dan berperan sebagai antimikroba, anti virus dan anti kanker. Polifenolnya ditemukan dapat memberikan efek anti kanker. Sedangkan kandungan antosianin dan asam klorogeniknya berfungsi sebagai antioksidan dan anti peradangan.

Semua kandungan tadi bermanfaat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang diakibatkan radikal bebas, mencegah pertumbuhan kanker dan serangan sel-sel kanker. Demikian juga menstimulasi enzim pendetoksifikasi pada sel dan mendorong kematian sel kanker. Roset pada buah terong difokuskan pada fitonutrisi antosianin yang disebut nasunin.

Nasunin adalah anti oksidan potensial dan penangkal radikal bebas yang bermanfaat melindungi membran sel dari kerusakan. Penelitian yang telah dilakukan pada hewan menunjukkan nasunin melindungi lipid pada mebran sel otak.
Share on Google Plus

About healthy living

0 comments:

Post a Comment