Penyakit Kaki Gajah





Kaki gajah merupakan salah satu jenis penyakit menular yang disebabkan oleh cacing filarial yang dibawa dan disebarkan oleh berbagai jenis nyamuk. Penyakit ini disebarkan oleh kurang lebih ada 23 jenis nyamuk seperti nyamuk dari genus Anopheles, Culex, Aedes, Mansonia dan Armigeres dll. Sehingga mempunyai siklis penyebaran serta penularan yang sangat cepat dari penderita kepada calon penderita selanjutnya.

Penyakit ganas ini juga terkenal dengan penyakit menahun yang sangat merugikan bagi penderitanya. Ketika seseorang terserang penyakit ini maka bekas yang ditimbulkan tidak dapat hilang bahkan jika tidak ada penanganan khusus mampu menjadikan cacat bagi penderitanya.

Gejala-Gejala Penyakit Kaki Gajah 

Gejala awal yang biasanya ditunjukkan oleh penyakit kaki gajah adalah demam tinggi yang tidak kunjung sembuh selama 3-5 hari, demam tersebut biasanya sembuh ketika seseorang sering beristirahat dan akan kambuh lagi ketika orang tersebut mengalami kelelahan.

Setelah mengalami demam, penderita kaki gajah akan mengalami pembengkakan kelenjar pada saluran kelenjar getah bening pada lipatan paha, warna kemerahan panas dan sakit pada ketiak serta terjadi peradangan dan rasa panas mulai dari kaki sampai dengan lengan yang kemudian dilanjutkan dengan pembesaran seperti kaki gajah pada tungkai, lengan, buah dada, buah zakar.

Apabila berlanjut sampai dengan keadaan kronis maka pembengkakan akan terjadi secara permanen dan akan sangat menganggu penampilan serta aktifitas dari penderita, bahkan juga dapat menyebabkan cacat permanen. Ketika anda mengalami gejala tersebut ataupun ada kerabat serta teman anda yang mengalami gejala tersebut maka segera perikasakan kepada dokter untuk mendapatkan pertolongan yang intensif.

Biasanya sebagai tes awal, seseorang akan didiagnosis terlebih dahulu sel darahnya, apabila hasil yang diberikan positif terdapat microfilaria dalam darah maka biasanya pasien akan diberikan obat untuk memutus tali peredaran larva tersebut ke seluruh tubuh. Pemberian obat akan dilakukan secara terus menerus karena cacing baru akan mati setelah pengobatan lebih dari 5 tahun.

Akan tetapi, jika anda menginginkan pengobatan secara tradisional anda dapat mengobati penyakit kaki gajah dengan resep tradisional yang lebih aman dan tidak memberikan efek samping.

Obat Penyakit Kaki Gajah

Anda dapat mengkonsumsi berbagai ramuan ataupun makanan yang banyak mengandung vitamin A, C, E dan zat besi untuk memberikan sistem imunitas tubuh yang lebih tinggi. Anda dapat memperbanyak konsumsi buah dan sayur sehingga kebutuhan nutrisi anda dapat terpenuhi.

Anda juga dapat menggunakan ramuan dari extrak kulit manggis dan madu sebagai obat penyakit kaki gajah untuk menormalkan kembali sel-sel abnormal dalam tubuh serta mematikan virus, bakteri dan parasit penyebab penyakit kaki gajah.

Akan tetapi, mencegah jauh lebih baik daripada mengobati. Ada beberapa tips yang dapat anda terapkan untuk menghindari tertular penyakit berbahaya tersebut. Salah satu cara paling aman yang dapat anda lakukan adalah dengan menghindari gigitan nyamuk pembawa cacing filarial, anda bisa memasang kelambu pada tempat tidur, memakai obat nyamuk, kemudian membersihkan rawa-rawa dan berbagai tempat yang berpotensi sebagai tempat berkembang biak nyamuk, lakukan penyemprotan pembasmian nyamuk dewasa, mengikuti pengobatan masal penyakit kaki gajah dari puskesmas dan memeriksakan diri kepada dokter secara berkala.

In Shaa Allah dengan melakukan cara-cara tersebut semoga anda dan keluarga anda terhindar dari penyakit tersebut.

semoga bermanfaat
Share on Google Plus

About healthy living

0 comments:

Post a Comment