Berdamai dengan Stres




Dari segi tingkah laku, gejala stres bisa dilihat dari munculnya sikap-sikap yang tidak biasa, seperti makan terlalu sering atau justru nafsu makan berkurang, sudah tidur atau terlalu banyak tidur, mondar-mandir, mengigit kuku. Sering kali kita merasa hal ini biasa, padahal, sebenarnya ini disebut hidden stress dan perlu ditemukan solusinya.

Jika tidak dicari tau akar masalahnya, stres berkepanjangan akan menimbulkan akumulasi yang berakibat depresi, perlu ditemukan cara efektif menghilangkan stress sehingga tidak menimbulkan hambatan dalam pekerjaan dan kehidupan sehari-hari.

Salah satu cara sederhana membunuh stres bisa juga dengan berlibur. Karenanya dalam peraturan sebuah perusahaan pun ada batasan seseorang untuk melakukan cuti dan libur dalam bekerja. Manfaatkanlah waktu libur anda beberapa hari itu untuk melakukan penyegaran kembali diri anda. Pilihlah objek wisata alam saat berlibur, hal ini akan membuat anda dapat melupakan sedikit penatnya hiruk pikuk kehidupan kota, otak dan pikiran kita akan terasa segar dengan menghirup udara bebas.

Selain itu, agar terhindar dari stres yang diakibatkan rasa bosan, seseorang bisa memulai dengan mengendalikan tingkat emosinya. Pada dasarnya setiap individu memiliki kemampuan mengendalikan stres dengan cara tersendiri sesuai minat dan hobinya.

Cara menghilangkan stres
1. Berkumpul dengan teman-teman.
Saat kita berkumpul dengan teman-teman pastinya ada hal-hal yang menyenangkan, seperti tertawa, bercerita dan mengeluarkan keluh kesah anda.

2. Kembali tekuni hobi anda.
 ini cukup ampuh untuk membbebaskan tekanan dengan menyalurkan hobi kembali.

3. Olahraga.
Olahraga  merupakan hal positif dalam menyalurkan tekanan dan beban anda. Aliran darah yang lancar membuat sirkulasi oksingen ke jantung lebih stabil, tidur nyenyak.

4. Habiskan waktu dengan suatu hal yang bermanfaat.
5. Pijat dan relaksasi dapat menenangkan sistem saraf

6. Menulis.
Menulis adalah hal positif untuk sebagian orang. Menulis selama 20 menit dapat menurunkan tingkat tekanan dalam diri seseorang.

7. Meditasi.
Meditasi satu atau dua menit setiap hari sudah dapat memberikan efek positif yang luar biasa. Mulailah dengan duduk tegak dan mengosongkan pikiran. Meditasi akan membantu seseorang untuk melupakan pikiran-pikiran dan kekhawatiran.

Perlu anda ketahui bahwa obat stres paling mujarab adalah berdamai dengan stres itu sendiri. Kemampuan menerima tekanan secara positif serta menyelesaikan masalah dengan mengenal dan memahami pemicu stres juga dapat menjadi obat ampuh untuk menghilangkan stres.
Share on Google Plus

About healthy living

0 comments:

Post a Comment