Infeksi Nosokomial, Apa Penyebabnya?

 

Infeksi nosokomial adalah infeksi yang didapat dan berkembang saat seseorang berada di lingkungan rumah sakit. Contoh dari infeksi nosokomial adalah pasien tertular infeksi dari staf rumah sakit atau saat berkunjung ke rumah sakit.
Infeksi nosokomial ini terjadi di seluruh dunia dan berpengaruh buruk pada kondisi kesehatan di negara-negara miskin dan berkembang. Infeksi nosokomial ini termasuk salah satu penyebab kematian terbesar pada pasien yang menjalani perawatan di rumah sakit.
Infeksi nosokomial bisa menyebabkan pasien terkena bermacam-macam penyakit, dan setiap penyakit punya gejala yang berbeda-beda. Beberapa penyakit yang paling sering terjadi akibat infeksi nosokomial adalah:
  • Infeksi saluran kemih.
  • Infeksi aliran darah.
  • Pneumonia.
  • Infeksi pada luka operasi.

Infeksi nosokomial terjadi ketika pasien di sebuah rumah sakit tertular infeksi yang berasal dari bakteri. Bakteri tersebut bisa menulari pasien karena keteledoran staf rumah sakit dan tidak berjalannya prosedur kebersihan dengan benar.
Selain faktor kebersihan, banyak pasien yang rawat inap di rumah sakit menderita penyakit yang serius dengan sistem kekebalan yang lemah. Oleh karena itu, pasien rawat jalan bertambah banyak dalam puluhan tahun terakhir. Hal ini membuat risiko penularan infeksi nosokomial ke pasien pada saat ini lebih tinggi.
Penyebab lainnya adalah, sistem rumah sakit yang membuat staf kesehatan berganti-ganti dari satu pasien ke pasien lainnya. Jika staf kesehatan tidak menjaga kebersihan dirinya dengan baik, sistem ini akan menjadikan staf kesehatan sebagai agen penyebar infeksi.
(Alodokter)
Oleh : Herbal Sunnah
Share on Google Plus

About healthy living

0 comments:

Post a Comment