Tips Agar Gigi Sehat dan Putih Bersih Selama Berpuasa


Kesehatan dan kebersihan gigi harus selalu dijaga dengan baik. Di hari biasa, menjaga kesehatan dan kebersihan gigi mungkin bisa dilakukan dengan sangat mudah. Tapi, di saat bulan Ramadan dan berpuasa seperti saat ini, kita yang menjalankan ibadah puasa setidaknya harus bekerja lebih ekstra dalam menjaga kesehatan gigi.
Berikut tips menjaga kebersihan dan kesehatan gigi agar gigi tetap terlihat lebih putih dan bersih selama berpuasa.
1. Sikat Gigi Teratur
Meski sedang puasa, usahakan tetap menyikat gigi minimal 2 kali dalam sehari. Biar lebih berkah, sikat gigi setelah makan buka puasa dan setelah makan sahur.
2. Minum Air Putih Cukup
Usahakan untuk selalu konsumsi air putih yang cukup. Dalam ilmu kesehatan, seseorang disarankan untuk minum setidaknya 8 gelas perharinya.
3. Hindari Makanan Terlalu Manis, Pedas, Panas dan Dingin
Setelah puasa selama satu hari penuh, sangat nikmat rasanya jika kita berbuka dengan sesuatu yang segar dan manis. Tapi ingat, usahakan agar tidak berbuka dengan makanan atau minuman yang seperti ini saat berpuasa karena hal ini sangat bisa merusak kesehatan dan kebersihan gigi. Selain itu hindari juga makan makanan atau minuman yang panas dan pedas.
4. Biasakan Berkumur dengan Baik
Saat berwudhu, usahakan untuk berkumur dengan baik dan tepat. Usahakan pula untuk berkumur dengan teratur.
5. Konsumsi Makanan Kaya Serat
Agar gigi sehat dan putih bersih selama berpuasa, disarankan agar anda memperbanyak konsumsi makanan kaya serat. Makanan kaya serat bisa berupa sayur dan buah. Akan sangat baik lagi, jika anda konsumsi sayur dan buah yang memang dipercaya bisa membuat gigi putih sepertinya halnya apel dan strawberry.
6. Hindari Berbagai Hal yang Merusak Gigi
Berbagai hal yang dapat merusak gigi antara lain adalah konsumsi kopi berlebih, merokok, minum minuman beralkohol atau minum minuman bersoda dan mengandung pemanis buatan.
Share on Google Plus

About healthy living

0 comments:

Post a Comment