Makan dan Minum Sambil Berdiri Berbahayakah?


Saudaraku, pernahkah kita ditegur oleh ayah, ibu atau guru kita disaat kita makan atau minum sambil berdiri? Jika pernah maka dalam diri kita pasti akan timbul  pertanyaan-pertanyaan. Mengapa dilarang?  Apa konsekuensinya?

Dalam sebuah hadits riwayat Muslim disebutkan, bahwa Nabi Muhammad Saw bersabda: "Jangan kalian minum sambil berdiri, apabila kalian lupa, maka hendaknya dimuntahkan," lantas seorang sahabat yang bernama Qotadah bertanya, "Bagaimana dengan makan?". Beliau menjawab, "Itu lebih buruk lagi". (HR. Muslim dan Tirmidzi). 

Selain itu, ternyata makan dan minum sambil berdiri bukan hanya dilarang secara agama dan etika, tetapi juga secara kesehatan. Menurut pakar kesehatan, makan dan minum sambil berdiri selain dilarang lantaran alasan kesopanan, juga berdampak buruk pada kesehatan. Makan dan minum sambil duduk lebih menyehatkan daripada sambil berdiri. Pasalnya, dalam tubuh manusia terdapat jaringan penyaring atau filter yang disebut sfringer, yakni struktur maskuler  yang berfungsi membuka dan menutup. "Air yang kita minum akan disalurkan pada pos-pos penyaringan di ginjal. Filter penyaring ini terbuka disaat kita duduk dan tertutup disaat berdiri.

Tubuh kita memiliki jaringan penyaring yang dapat membuka dan menutup, maka kebiasaan makan dan minum sambil berdiri sangatlah berbahaya dan bisa berakibat fatal untuk kesehatan ginjal. Dan ternyata, jika kebiasaan buruk ini sering terjadi dapat mengakibatkan pelakunya pingsan atau mati mendadak. 

Saudaraku, akhirnya kita memahami, betapa bahayanya makan dan minum sambil berdiri. Hal ini sebenarnya sudah jauh-jauh diajarkan oleh nabi kita Nabi Muhammad Saw kepada sahabat-sahabatnya umumnya keada semua umat Islam dan dengan adanya bukti-bukti atau alasan secara medis, ternyata kebenaran tidaklah dapat terbantahkan. Islam selalu mengajarkan kepada pemeluknya bagaimana kita hidup Agama kita selalu mengajarkan bagaimana etika hidup yang baik dan benar. 

Debu Sang Musafir
Share on Google Plus

About healthy living

0 comments:

Post a Comment